Akademi Chelsea: Masih Terbentur Ambisi Manajemen

 Grassroots

Andai ditarik ke belakang, ada bukti lain selain sukses menjadi finalis NextGen Series 2013 yang makin menguatkan kebijakan Chelsea pada sector akademi tak setengah-setengah. Dalam ajang FA Youth Cup 2009-10, The Blues (julukan Chelsea) berhasil meraih juara setelah di final unggul agregat 3-2 atas Aston Villa. Itu merupakan gelar juara pertama bagi tim junior dalam 49 tahun berakhir.

Chelsea, akademi sepakbola, cobham, cobham training center, nextgen series 2013, FA Youth Cup

Chelsea Juara FA Youth Cup 2012 (sumber: Getty Images)

Fakta tim Chelsea junior sudah meraih 4 trofi juara FA Youth Cup sampai saat ini. Mereka mendapatkan gelar juara itu pada musim 1959-60, 1960-61, 2009-10 dan 2011-12. Selain itu, mereka 2 kali gagal di final dan harus puas sebagai runner-up pada 1957-58 dan 2007-08.

2 tahun berselang, tepatnya 2011-12, tim junior Chelsea kembali unjuk gigi. Mereka kembali meraih juara di ajang FA Youth Cup setelah di final unggul aggregate 4-1 atas Blackburn Rovers. Dermott Drummy dan Adi Viveash yang mampu member kesuksesan bagi tim muda Chelsea, dibuai keyakinan anak-anakasuhnya bakal segera menjadi penggawa tim utama. Keduanya yakin mempromosikan pemain dari akademi lebih menguntungkan ketimbang membeli pemain dari luar. Sayang, tak semua pemain brilian di tim muda diandalkan di tim utama.

Skuad yang membawa The Blues juara FA Youth Cup 2009-10 dan 2011-12 tak ada yang masuk ke tim utama. Bahkan, sebagian besar dipinjamkan ke klub lain. Semua karena terbentur ambisi tinggi manajemen yang menginginkan klub bisa meraih berbagai gelar juara. Untuk mewujudkannya, manajemen memprioritaskan cara instan yakni memboyong pemain dari luar yang berlabel bintang.

Terlepas dari itu, prestasi yang diraih oleh tim muda Chelsea setidaknya memberikan sinyal kuat bahwa mereka tak melulu memoles tim utama. Akademi pun mereka percantik secara intensif.

Sumber: Tabloid Soccer




Author: 

Nama saya adalah M. Iqbal Al Ghifari. Admin dari blog My SepakBola. Blog ini berisi tentang Update Sepak Bola Dunia dan Indonesia.

Related Posts

One Response

  1. Pemain Potensial Baru dari Akademi Chelsea | My SepakBola Blog | Update Sepak Bola Dunia dan IndonesiaApril 8, 2013 at 3:12 pmReply

    [...] menjadi finalis NextGen Series 2013, tim Chelsea U-19 menelurkan pemain potensial yang siap menjadi penerus di tim utama Chelsea. Siapa saja pemain [...]

Leave a Reply