Piala Dunia U-17, Piala Dunia U-17 2013, Piala Dunia U-17 Uni Emirat Arab

Menyambut Piala Dunia U-17 2013

Piala Dunia U-17, Piala Dunia U-17 2013, Piala Dunia U-17 Uni Emirat Arab
Logo Piala Dunia U-17 yang diadakan di Uni Emirat Arab Oktober nanti (sumber foto: en.wikipedia.org)

Piala Dunia U-20 merupakan tahapan kedua dari kompetisi antarnegara di kolong jagat. Turnamen itu juga merupakan kejuaraan tertua kedua dunia di bawah bendera FIFA. Adapun yang termuda, sesuai jenjangnya, adalah Piala Dunia U-17. Untuk tahun ini, turnamen tersebut akan digelar di Uni Emirat Arab pada Oktober mendatang.

Seperti halnya Piala Dunia Junior, ada perubahan nama dari Piala Dunia U-17. Awalnya kejuaran yang dimulai pada 1985 itu bernama Piala Dunia U-16. Berbarengan dengan perubahan menjadi Piala Dunia U-20, kejuaraan ini pun kemudian “menaikkan” level umurnya pada 2007. Dua turnamen itulah yang menjadi jenjang kategori Piala Dunia.

Kekuatan peserta di Piala Dunia U-17 lebih abstrak lagi. Tak ada lagi dominasi negara yang dikenal sebagai kekuatan tradisional dunia. Torehan gelar juara bisa dijadikan patokan dasar.

Di Piala Dunia U-20, Argentina dan Brazil menjadi Negara terbanyak yang mengoleksi gelar dengan torehan enam dan lima trofi. Sedangkan Eropa hanya kebagian enam gelar yang direbutkan oleh lima Negara. Satu titel juara lain dimiliki wakil Afrika, Ghana pada tahun 2009.

Sebaliknya dengan Piala Dunia U-17. Afrika menjadi benua yang paling banyak menyetor wakilnya ke tangga juara. Ghana menjadi juara dua kali dan Nigeria tiga kali, sama dengan koleksi gelar Brazil sebagai satu-satunya wakil Conmebol yang pernah merasakan titel.

Piala Dunia U-17 pada tahun 2013 ini akan dilangsungkan di Uni Emirat Arab pada bulan Oktober nanti.

Negara Peraih Gelar Piala Dunia U-17
3 – Nigeria, Brazil
2 – Ghana, Meksiko
1 – Uni Soviet, Arab Saudi, Prancis, Swiss

Sumber: Tabloid Soccer

Leave a Reply